Selasa, 24 September 2024

Cara Membuat Wifi dari Mikrotik | 100% Work Tanpa Ribet

Cara Membuat Hostpot di MikroTik



Hotspot adalah fitur pada Router Mikrotik yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet melalui koneksi wireless atau Ethernet dengan menggunakan username dan password. 

Fitur hotspot dapat dikonfigurasi dengan menggunakan web-based interface Router Mikrotik atau dengan menggunakan perintah-perintah di command line interface (CLI). Sobat idn dapat mengatur berbagai pengaturan seperti menentukan jumlah bandwidth yang tersedia untuk setiap pengguna, menentukan lama waktu akses internet yang tersedia, dan menentukan tarif yang harus dibayarkan oleh pengguna untuk mengakses internet.

Selain itu, fitur hotspot juga dapat dikonfigurasi untuk menyediakan akses internet yang aman dengan menggunakan enkripsi data yang kuat seperti WPA2-Enterprise atau RADIUS. Ini memungkinkan pengguna untuk terhubung ke jaringan internet dengan aman dan memastikan bahwa data yang dikirim atau diterima tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berwenang.

Kapan Harus menggunakan fitur hotspot pada mikrotik ?

Fitur hotspot pada Router Mikrotik biasanya digunakan untuk menyediakan akses internet di tempat-tempat umum seperti cafe, hotel, atau pusat perbelanjaan. Fitur ini juga berguna untuk menyediakan akses internet di tempat-tempat lain yang membutuhkan kontrol akses internet yang lebih ketat, seperti kantor atau sekolah.

Fitur hotspot juga berguna jika kamu ingin menyediakan akses internet yang aman bagi pengguna. Dengan menggunakan autentikasi RADIUS atau enkripsi data yang kuat seperti WPA2-Enterprise, Kita dapat memastikan bahwa data yang dikirim atau diterima tidak dapat dibaca oleh orang yang tidak berwenang.

Fitur hotspot juga berguna jika kamu ingin mengatur bandwidth yang tersedia untuk setiap pengguna atau menentukan tarif yang harus dibayarkan oleh pengguna untuk mengakses internet. Ini memungkinkan kita untuk mengelola penggunaan jaringan internet dengan lebih baik dan mengoptimalkan performa jaringan.


Apa yang harus disiapkan untuk menggunakan fitur hotspot mikrotik?

Untuk menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS, kita perlu mempersiapkan beberapa hal berikut:

  1. Router Mikrotik: Kita perlu memiliki router Mikrotik yang sudah terinstal sistem operasi Mikrotik RouterOS.
  2. Koneksi internet: Kita perlu memiliki koneksi internet yang akan digunakan untuk menghubungkan router Mikrotik ke jaringan luar.
  3. Jaringan WiFi: Kita perlu memiliki perangkat yang mendukung jaringan WiFi, seperti laptop, smartphone, atau tablet, yang akan digunakan untuk terhubung ke jaringan WiFi yang dibuat dengan menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS.
  4. Memiliki aplikasi Winbox: Untuk mengkonfigurasi mikrotik, kita harus memiliki aplikasi Winbox pada PC atau device yang akan digunakan.
  5. Konfigurasi jaringan: Kita perlu mengkonfigurasi jaringan pada router Mikrotik dengan menentukan alamat IP, subnet mask, dan gateway yang sesuai dengan koneksi internet yang tersedia.
  6. Konfigurasi hotspot: Kita perlu mengkonfigurasi fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS dengan menentukan nama jaringan WiFi, kata sandi jaringan, dan pengaturan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
  7. Pengguna hotspot: Kita perlu membuat pengguna hotspot yang akan digunakan untuk terhubung ke jaringan WiFi yang dibuat dengan menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS. Pengguna hotspot dapat dibuat dengan cara manual atau dengan menggunakan aplikasi seperti Mikhmon.

Setelah semua persiapan tersebut selesai, kita dapat menggunakan fitur hotspot pada Mikrotik RouterOS untuk membangun jaringan WiFi dengan mudah.

Sc: https://www.idn.id/cara-membuat-hostpot-di-mikrotik/

Setelah penjelasan mengenai jaringan hotspot pada mikrotik sekarang saatnya untuk melakukan konfigurasinya.

Untuk membuat Hotspot, kamu perlu membuat sebuah jaringan terlebih dahulu dengan mengkonfigurasi Mikrotik. Jika belum membuat jaringan, kalian bisa melihat artikel sebelumnya tentang Cara Membuat Jaringan Menggunakan MikroTik. Setelah itu kalian bisa membuat Hotspot dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Buka Winbox pada PC atau device yang digunakan, lalu klik ke menu neighbors, klik MAC Address dan klik connect.


2. Buat Jaringan pada MikroTik seperti pada artikel sebelumnya : Cara Membuat Jaringan Menggunakan MikroTik.

3. Masuk ke menu Wireless dan cari Security Profile > Cari Menu General, lalu di kolom isi kolom nama sesuai keinginan, Contoh : Name : Henry > Kolom mode diganti ke Dynamic Keys > Centang WPA PSK dan WPA2 PSK lalu beri password. Jika sudah klik apply dan ok.

       


4. Masih di menu Wireless, Klik Wlan1 sebanyak 2x > klik enable > klik advance mode (opsional, jika ada) > konfig:

Mode: AP-Bridge

Band: 2GHz-B/G/N

Frequency: Auto

SSID: Henry

Security Profile: Default

Wireless protocol: 802.11

klik apply > ok





5. IP > Address > [+] > Interface: wlan1 > Address: 192.169.50.1/24 > Apply > OK





6. IP > Hotspot > Hotspot Setup > Interface: Wlan1 > next 3x > Select Certificate: None > Next 3x > DNS Name: henrymikrotik.net > next > user: Admin | pass: AdminGanteng

1Hotspot > Hotspot Setup >


2.Hotspot Setup > Interface: Wlan1 > next 3x > Select Certificate: None > Next 3x >


3. > Next 3x > DNS Name: henrymikrotik.net > Next >





4.  > next > user: Admin | pass: AdminGanteng









7. Buka menu IP>Hotspot> tab "User Profile" > [ + ]
> tab General > name: HenryClient (bisa apa saja namanya)

> shared user : 7 (bisa lebih atau kurang)

> rate Limit: 10M (bisa beragam tidak hanya 10M, bisa 20M atau 20Mk

> ok





















> klik [+] > tab General

> name: Tamu Henry (bisa apa saja namanya)

> shared user: 11

> rate limit: 10Mk/10M

> ok




















8. masih di menu Hotspot > Klik tab User > [+]
> tab General > name: Client
> user: Client> password: AdminGanteng
> profile: HenryClient> ok












> klik [+] > tab General
> name: Tamu > user: tamu > password: AdminHebat
> profile: Tamu > ok


9. coba login ke jaringan.





















Hotspot sudah berhasil dibuat, dan kalian bisa mengakses internet sepuasnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial membuat Hotspot Menggunakan 2 WLAN di MikroTik

Pendahuluan MikroTik adalah salah satu perangkat jaringan yang sering digunakan untuk keperluan manajemen jaringan, termasuk pembuatan hotsp...