Selasa, 24 September 2024

Cara Membuat Jaringan Menggunakan MikroTik

Membuat Jaringan Menggunakan MikroTik


Ketika kita bekerja sebagai IT Staff terutama IT Support, Network Engineer, IT Infrastructure, dan apapun jabatan anda. Atau ketika anda mau buat ISP atau usaha dengan jaringan. Biasa nya menggunakan alat jaringan yang bernama MikroTik. Nah pada kesempatan ini, kita akan bahas bagaimana konfigurasi dasar mikrotik dengan studi kasus nya yang banyak terjadi di lapangan.

Pada studi kasus konfigurasi dasar mikrotik kali ini, saya akan gunakan router dengan tipe RB941-2nD yang merupakan cocok untuk belajar MikroTik dengan harga yang 300ribuan. Jadi nanti dari MikroTik nya ether1 terhubung ke Router ISP apapun ISP nya. Nanti ether2 nya dihubungkan ke laptop atau PC kita.

Nah, silahkan nyalakan router anda lalu hubungkan seperti diatas. Setelah itu buka aplikasi winbox untuk konfigurasi mikrotik kita, jika belum ada bisa di download dulu ya di mikrotik.com. Sebelum nya kita udah pernah bahas terkait cara menggunakan winbox ya. Kali ini kita lanjut bahas konfigurasi dasar mikrotik nya.


1. Reset Konfigurasi Default MikroTik

Ketika kita login winbox, by default winbox ada default konfigurasi nya bawaan pabrik lah istilah mudah nya, karena kita konfigurasi dari awal atau dari 0, maka alangkah baik nya kita pilih “Remove Configuration” untuk menghapus konfigurasi pabrik nya. Jadi kita konfigurasi dasar nya mulai dari awal.


2. Ke menu System > Identity > user : Henry (bebas bisa nama siapa saja) > apply > ok




3. Ke menu IP > DHCP Client > [ + ] > Either1 > apply > ok



4. Lanjut ke menu IP > Addresses > [ + ] > Interface : Either2 > Address 192.16.31.1/24 > apply > ok





5. IP DNS > centang allow remote request > apply > ok



6. IP > Firewall > ke menu NAT > [ + ] > menu general > Chain : srcnat, out interface : either1 > menu action > action : masquerade.



7. IP > DHCP Server > DHCP Set Up > DHCP interface server : either2 > next sampai selesai.






8. Setelah selesai, reboot configuration di System > reboot > reboot configuration.



9. Jaringan telah berhasil dibuat. Langkah selanjutnya ping melalui command prompt.



Konfigurasi sudah selesai. 

Baik teman-teman, berikut tadi adalah bagaimana cara membuat jaringan sekaligus dasar konfigurasi dari MikroTik. Jika kamu tertarik dengan konten atau artikel lainnya, kamu bisa follow blogspot Henn. 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial membuat Hotspot Menggunakan 2 WLAN di MikroTik

Pendahuluan MikroTik adalah salah satu perangkat jaringan yang sering digunakan untuk keperluan manajemen jaringan, termasuk pembuatan hotsp...