Senin, 27 Maret 2023

Tips Agar Belajar Pemrogramanmu Menjadi Lebih Cepat dan Mudah!

Pemrograman atau programming adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki ( debug ), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman atau sering disebut juga bahasa komputer. Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan pemrogram. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman, dan pada banyak kasus, pengetahuan-pengetahuan lain seperti matematika.

Singkatnya Pemrograman adalah suatu cara dalam membuat satu atau menghubungkan lebih dari satu algoritma dengan menggunakan suatu bahasa pemrograman tertentu sehingga menjadi suatu program komputer.

Belajar Pemrograman memang penuh tantangan. Mungkin kamu pernah berpikir ada tidak, ya, cara untuk bisa belajar Pemrograman dengan cepat?

Meskipun tetap butuh usaha, tapi ternyata ada lho, beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses belajar Pemrogramanmu. Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak lebih lanjut artikel ini.

Berikut adalah beberapa tips mudah belajar pemrograman :

1. Memperkuat Dasar Pemrograman.

Hal yang paling utama agar bisa cepat belajar pemrograman adalah dengan menguasai dasar-dasar pemrograman dengan sangat baik. 

Contohnya seperti belajar menguasai bahasa-bahasa pemrograman seperti JavaScript, HTML, CSS, dan PHP. Setelah menguasai bahasa-bahasa pemrograman tersebutnya, pastinya akan lebih mempermudah kamu dalam belajar sebuah program. 

Setelah yakin sudah benar-benar menguasai d, baru mulailah dasar pemrograman, barulah kamu belajar hal yang lebih kompleks.


2. Pahami Perbedaaan Bahasa Pemrograman

Sebagai programmer, istilahnya kamu akan berkomunikasi dengan komputer yang pasti tidak paham bahasa manusia. Makanya, kamu wajib belajar bahasa pemrograman berupa kode khusus yang dipahami oleh perangkat komputer. 

Ada beberapa tipe bahasa pemrograman yang meliputi: 

  • Style Sheet

Tipe bahasa ini digunakan untuk mengatur tampilan konten, misalnya warna, font, dan layout. Jenis bahasa yang termasuk style sheet yaitu Cascading Style Sheet (CSS) dan Sassy Cascading Style Sheet (SCSS); 

  • Markup

Fungsi tipe bahasa ini adalah mengurusi masalah struktur website atau aplikasi dan menata informasi yang ditampilkan. Contohnya yaitu Hypertext Markup Language (HTML), Extensible Hypertext Markup Language (XHTML) dan Keyhole Markup Language (KML).

  • Script

Tipe ini merujuk pada perintah komputer yang otomatis langsung dieksekusi. Jenis bahasa codingnya antara lain JavaScript, Ruby, Python, PHP dan Perl. 

3. Membaca Buku Coding dan Melihat Video Tutorial.

Pelajari dari buku atau dari video-video tutorial pemrograman dan coba praktekan ilmunya. Jika kita hanya belajar dari buku besar kemungkinannya kita akan cepat bosan dan sulit untuk mengerti, karena itu kita bisa melihat video-video tutorial pemrograman yang menarik, gak bikin bosen dan mudah untuk dipahami.

Cara ini merupakan cara yang sangat efektik apabila kamu ingin belajar pemrograman dengan lebih cepat dan mudah.

4. Sering-sering melakukan latihan 

Untuk lebih mudah belajar pemrograman, kamu bisa melakukan latihan seperti membuat suatu programmu sendiri. Meskipun kamu pernah gagal dalam membuat program tapi jangan menyerah dan terus lakukan latihan hingga kamu bisa, "Tidak ada orang sukses tanpa adanya kegagalan". Asik, keren gak tuh. Oke lanjut. 

Menurut saya cara ini sangat efektif karena dengan banyaknya latihan pastinya skill atau kemampuan kamu akan berkembang.

5. Menuju Tingkatan Berikutnya

Apabila kamu sudah menguasai dasar-dasar pemrograman dengan sangat baik, maka kamu disarankan untuk menuju ke tingkatan yang lebih tinggi agar skill atau kemampuan kamu tidak stuck pada level atau tingkatan yang sama.

6. Ikut Bootcamp

Bootcamp adalah cara lain yang bisa kamu pilih jika ingin belajar coding dengan cepat.

Pasalnya, program ini biasanya diselenggarakan dalam waktu singkat.

Dengan mengikuti bootcamp, kamu akan dipacu untuk mempelajari ilmu-ilmu yang penting untuk dunia kerja.

Di bootcamp, kamu juga bisa bertemu dengan mentor-mentor berpengalaman serta orang-orang dengan minat yang sama untuk diajak berdiskusi dan belajar.

Bagi beberapa orang, metode ini lebih menyenangkan dan membuat mereka belajar lebih cepat.

Berikut adalah beberapa tips agar belajar Pemrogramanmu Menjadi Lebih Mudah dan Lebih Cepat. Saya harap artikel ini dapat membantu. Sekian Terimakasih.

Penulis Artikel : Henry A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tutorial membuat Hotspot Menggunakan 2 WLAN di MikroTik

Pendahuluan MikroTik adalah salah satu perangkat jaringan yang sering digunakan untuk keperluan manajemen jaringan, termasuk pembuatan hotsp...